Senin, 14 Juli 2014

Analisa SWOT dalam Bisnis

Hari ini konsumen telah diberi banyak pilihan. Tugas anda adalah memastikan bisnis anda tampak menarik untuk dipilih.
-bijakKata.com-

Pada saat kita ingin membuka suatu bisnis, pastinya kita sudah membayangkan keuntungan yang akan kita peroleh. Tapi kenyataannya pada saat kita sedang menjalani bisnis tersebut, keuntungan yang kita peroleh tidak sama dengan yang kita harapkan. Oleh karna itu diperlukannya analisa SWOT pada saat kita ingin memulai bisnis agar keuntungan yang kita peroleh kelak dapat lebih digambarkan secara lebih akurat, setidaknya tidak terlalu jauh dari keuntungan yang sudah kita harapkan.


-Analisis SWOT-

S   = Strenght ( kekuatan )
W  = Weakness ( kelemahan )
O   = Opportunity ( peluang )
T   = Threat ( ancaman )



       Strenght
                   
Menganalisa kekuatan bisnis/produk kita. Hal-hal yang dapat ditonjolkan dalam promosi.

Contoh : harga produk lebih murah, tempat yang strategis, produk yang bandel, dsb.

Weaknees

Menganalisa kelemahan bisnis/produk kita. Hal ini yang harus kita antisipasi dengan membuat dan merealisasikan strategi yang bertujuan untuk meminimalisir kelemahan bisnis/produk kita.

Contoh : toko kita tidak memiliki lahan parkir, memiliki karyawan yang belum berpengalaman, dsb.

Opportunity

Menganalisa peluang yang dimiliki oleh perusahaan kita untuk memaksimalkan keuntungan yang akan kita dapatkan

Contoh : jalinan kerjasama yang baik dan luas

Threat

Ancaman dari luar maupun dalam terhadap perusahaan.

Contoh : banyak munculnya kompetitor ,dsb.

Jika mulai banyaknya kompetitor yang muncul, buat lagi strategi yang lain agar kualitas produk perusahaan memiliki nilai tambah lebih dibandingkan produk perusahaan lain.

Contoh analisa SWOT dalam bisnis cafe. Sumber : cafe-ngerock.blogspot.com



Sekian tentang analisa SWOT dalam bisnis, semoga bermanfaat :D




Tidak ada komentar:

Posting Komentar